Iron Oxide



Apa itu pigmen?

Pigmen, pada prinsipnya, adalah zat yang memberikan warna pada aplikasi apapun. Sebagai contoh, pada pembuatan cat, umumnya pigmen digunakan sebagai campuran pemberian warna dengan komposisi sekitar 5-10%. Pigmen terbagi menjadi 2 jenis yaitu pigmen organik dan anorganik, bergantung pada jenis pemanfaatannya.

Salah satu pigmen yang paling banyak digunakan adalah pigmen berbasis besi oksida (iron oxide). Pigmen besi oksida merupakan salah satu pigmen tertua yang digunakan dari sejak masa pra sejarah. Pigmen besi oksida tergolong sebagai pigmen anorganik yang banyak digunakan pada industri cat, keramik, karet, semen, pupuk, genteng, paving block dan lain-lain.

Berdasarkan warna yang dapat dihasilkan, pigmen besi oksida digolongkan menjadi kuning (α-FeOOH), merah (α-Fe2O3), dan hitam (Fe3O4).

Pigmen besi oksida sebagai warna tunggal memungkinkan terjadinya pencampuran warna untuk menghasilkan warna lain. Sebagai contoh, warna coklat dapat dihasilkan dengan mencampurkan pigmen merah, kuning, dan hitam.

Dalam aplikasi tertentu, pigmen besi oksida memiliki keunggulan seperti hiding power yang lebih baik, anti korosi, ketahanan pada suhu tinggi, dan lain sebagainya.

Tertarik mempelajari ilmu tentang pigmen lebih dalam? Expert kami siap untuk berdiskusi memenuhi keingintahuan anda!


Red Lanox

Red Lanox

Wujud : Bubuk Merah
Nama Kimia : Hematite
Komposisi Kimia : Fe2O3
Indeks Warna : 77491
Massa Jenis Padatan (g./cm3.) : 0.8 – 1.2
Massa jenis (g./cm3.) : 5.0
Kandungan Fe2O3 : ≥97%
Kelarutan dalam air : <1.0%
Kelembapan (Vol. @ 110ºC) : <1.0%
pH (5% Suspensi) : 5 – 7


Iron Oxide Red LanoxKemasan BeratHARGA (Rp) / sak
Sak10 kg250.000

Postingan Populer

Gambar

Harga Kanstin

Gambar

Harga Buis Beton