Metode Kerja Pelaksanaan Saluran Drainase Beton Pracetak Type U-ditch

Metode Kerja Pelaksanaan Saluran Drainase Beton Pracetak u-ditch.  Saluran Drainase pracetak berlubang didefinisikan sebagai saluran air hujan yang dibuat dari bahan beton bertulang dengan pelubangan sesuai desain dan kriteria yang telah ditetapkan, dibuat dengan cara proses sistem pracetak. Saluran drainase ini berfungsi untuk mengalirkan dan atau meresapkan air hujan dari suatu tempat ke tempat lain.

Saluran Drainase U-ditch adalah saluran beton pracetak yang berbentuk U dan berukuran kecil. Terkadang saluran U-ditch ini biasanya juga dipasang tutup plat beton pracetak juga. Tidak ada standar ukuran yang membedakan saluran disebut u-ditch atau u-gutter. Pada umumnya u-ditch berukuran lubang dalam 30 x 30 cm hingga 100 x 120 cm. Panjang u-ditch umumnya 1 m dan 1,2 m.


Metode Kerja Pelaksanaan Saluran Drainase Beton Pracetak Type U-ditch
Saluran drainase beton pracetak type U-ditch ini biasanya di gunakan pada halaman bangunanan gudang, pabrik, kantor, pabrik, hotel dan perumahan. Pada rancangan saluran drainase beton pracetak ini, dimensi ukuran besar kecilnya U-dith ini tergantung pada volume air yang akan dialirkan. Ukuran dan bentuk saluran beton pracetak ini bisa dipesan ke pabrik beton pracetak dan kemungkinan material ini ready stock.

Sebelum kita melakukan pemasangan saluran drainase U-ditch ini, ada beberapa tahapan pekerjaan metode yang perlu anda siapkan. Berikut ini adalah langkah-langkah pekerjaannya :

1. Pengukuran

Pengukuran ini meliputi pengukuran panjang pekerjaan dan elevasi. Elevasi yang tertera pada shop drawing diterapkan di lapangan dengan memasang patok-patok dan bouwplank untuk menyimpan elevasi.

Metode Kerja Pelaksanaan Saluran Drainase Beton Pracetak Type U-ditch
- Pengukuran -

2. Galian Tanah

Setelah melakukan pengukuran dan memasang patok dan titik elevasi. Sekarang lakukan penggalian tanah dengan menggunakan alat berat backhoe. Kita juga harus mengontrol galian tanah tersebut sesuai dengan elevasi patok yang sudah kita tandai.Dalam target kurang lebih 1 hari pekerjaan galian tersebut selesai dan kedalaman galian minimal 7,2 meter.

Metode Kerja Pelaksanaan Saluran Drainase Beton Pracetak Type U-ditch
- Galian tanah dengan alat berat backhoe -

3. Pembuangan tanah bekas galian

Selama pekerjaan galian tanah ini berlangsung, kita juga harus mempersiapkan dump truck untuk membuang tanah bekas galian. Tanah bekas yang dibuang harus sudah direncanakan dibuang pada tempat luar area proyek. Tapi kita juga harus menyiapkan sebagian tanah bekas tersebut untuk melakukan pengurugan tanah kembali. Dengan demikian area saluran drainase proyek tersebut ketika sudah selesai akan terlihat bersih.

Metode Kerja Pelaksanaan Saluran Drainase Beton Pracetak Type U-ditch
- Pembuangan tanah bekas galian -

4. Urug Sirtu

Tahapan setelah galian mencapai panjang 7,2 m adalah pengurugan sirtu. 1 hari sebelum pengurugan, sirtu harus siap di sisi galian. Untuk segmen selanjutnya sirtu didatangkan bertahap berdasarkan kebutuhan setiap segmen galian. Ketebalan urugan sirtu adalah 250 mm. Pengurugan menggunakan excavator dengan bantuan tenaga manusia untuk meratakannya.

Metode Kerja Pelaksanaan Saluran Drainase Beton Pracetak Type U-ditch
- Urug Sirtu -

5. Lantai Kerja

Pada umumnya ketebalan untuk lantai kerja biasanya 50 mm dengan mutu beton K-125 atau bisa juga disebut dengan istilah B0. Fungsi dari lantai kerja disini adalah untuk mengontrol elevasi pada permukaan saluran drainase yang akan dipasang. Sehingga disaat beton pracetak diturunkan elevasi sudah bisa diaplikasikan dengan baik.

Metode Kerja Pelaksanaan Saluran Drainase Beton Pracetak Type U-ditch
- Lantai Kerja -

6. Pemasangan BETON PRACETAK U-DITCH

    Beton pracetak U-ditch yang sudah berumur lebih dari 7 hari dari fabrikasi dikirim ke lokasi dan di stok di lokasi dekat pemasangan.
    Pemindahan BETON PRACETAK U-DITCH dari stock yard ke tempat pemasangan menggunakan forklift dengan kapasitas sesuai berat material. Biasanya kapasitan forklift yang harus disediakan adalah 2 x berat material.
    Pemasangan BETON PRACETAK U-DITCH menggunakan excavator atau crane tergantung pada berat material yang diangkat. Biasanya kapasitas crane atau excavator = 5 x berat material yang diangkat. Pemasangan dilakukan setelah cor lantai kerja berumur minimal 1 hari. Target pemasangan setiap hari rata-rata 6 unit.
    Di atas BETON PRACETAK U-DITCH sebaiknya dipasang caping beam dari beton cor di tempat, berfungsi untuk menjaga posisi beton pracetak u-dtich agar tidak bergeser ke kiri atau ke kanan oleh desakan tanah setelah pengurugan kembali.
    Pengelasan plat penyambung antar beton pracetak u-dtich
    Pekerjaan nat
    Spasi antar BETON PRACETAK U-DITCH ditutup dengan campuran semen.


Demikianlah referensi tentang Metode Kerja Pelaksanaan Saluran Drainase Beton Pracetak Type U-ditch, semoga referensi ini bisa bermanfaat pada anda yang sekarang ada pekerjaan saluran drainase.

Postingan Populer